Saturday, February 25, 2012

Resep Kuno Murah Nenek Moyang Agar Ibu Dan Bayi Sehat

2 comments
Resep Kuno Nenek Moyang Agar Ibu Dan Bayi Sehat - Jika ditanya tentang tips bagaimana agar ibu dan bayi sehat, saya tidak mempunyai tips-tips khusus. Hanya saja nenek moyang saya seperti mbah buyut, nenek dan ibu selalu melakukan cara-cara ini, sehingga secara tidak langsung sayapun mengikutinya. Mungkin resep dan tips yang saya tuliskan ini terbilang kuno untuk masyarakat sekarang yang jauh lebih modern dan lebih percaya kualitas suplemen yang banyak dijual pasaran, atau mereka lebih nyaman melakukan sesuatu dibawah pengawasan profesional (non medis).

Resep serta tips yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang saya tergolong sederhana dan murah , jadi siapa saja bisa melakukan termasuk mereka, ibu-ibu hamil yang tidak memiliki cukup dana untuk membeli suplemen atau membayar tenaga profesional (diluar tenaga medis) untuk melakukan perawatan dan memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan dan pasca melahirkan. Seperti yang kita semua ketahui bahwa ibu hamil adalah manusia yang hidup dengan dua nyawa. Nyawa pertama adalah ibu dan nyawa kedua adalah bayi, logikanya asupan gizi yang dibutuhkan tidak lagi untuk satu orang melainkan dua orang.

Ibu saya bilang, makanan empat sehat lima sempurna itu sangat penting saat saya sedang hamil, tapi bagaimana jika ibu hamil tidak memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut ? Berhubung jaman sekarang tidak sama seperti jaman nenek dan ibu saya dulu yang masih minim virus atau bakteri pada makanan, maka sebagai landasan utama untuk menjadi ibu sehat dan memiliki bayi sehat adalah menjaga kesehatan pribadi (calon ibu) sebelum memutuskan untuk mempunyai bayi. Jangan merokok dong.... kalau mau ibu dan bayi sehat, stop juga dong.... kebiasaan minum minuman yang mengandung alkohol atau drugs.

Makanan Sehat Dan Murah Untuk Ibu Hamil
Jaman dahulu orang tua sering menyarankan untuk minum kuning telur mentah dicampur madu sebagai asupan protein, untungnya ibu saya tidak demikian, ia bilang segala sesuatu yang mentah atau setengah matang kecuali buah dan sayur lalapan atau istilah kerenya salad, tidak baik untuk ibu hamil. Jadi untuk memenuhi protein hewani yang konon berfungsi untuk membantu pertumbuhan sel-sel organ tubuh, membentuk otak janin, membantu meningkatkan kecerdasan otak, dan menjadikan sel darah merah lebih kuat, ibu selalu memberi telur rebus atau ikan baik itu ikan goreng atau ikan yang dikukus. Tentunya telur dan ikan lebih murah dari pada daging.

Dan untuk protein nabati, nah! kalau yang ini paling gampang didapat, bahkan dipekarangan rumah, karena protein nabati berasal dari tumbuhan seperti sayur dan biji-bijian. Kalau untuk beli tempe, tahu atau kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tanah, jagung)tentunya tidak mahal khan....?

Protein nabati dan hewani juga mengandung zat besi lho...., yang memiliki peranan penting bagi perkembangan sistem saraf pusat. Kekurangan zat besi dapat mengubah neuroanatomi, biokimia, dan metabolisme yang akan menghambat proses-proses perkembangan kognitif dan motorik, dan yang pasti kalau kekurangan zat besi menyebabkan kurang darah atau anemia yang sering diderita oleh ibu hamil, menyusui, dan perempuan usia subur. Kedua protein ini juga berfungsi untuk pembentukan ari – ari bayi , cairan ketuban ,jaringan tubuh dan rahim , cairan dan plasma , dan sebagai persiapan menyusui.

Bagaimana dengan kebutuhan asam folat yang katanya berfungsi sebagai zat yang mendukung pembentukan sel darah merah ibu , peningkatan kebutuhan metabolisme , mencegah anemia megaloblastik ,produksi sel inti RNA dan DNA , mencegah terjadinya cacat bawaan spina bifida? Asam Folat memang penting untuk ibu hamil dan menyusui, ibu saya menyarankan untuk memenuhi kebutuhan asam folat selain saya mendapatkanya dari kedua protein diatas, ada cara lain yaitu mengkonsumsi susu. mengkonsumsi susu bukan berarti harus selalu membeli, tambahan asam folat itu saya dapat dari susu kedelai buatan sendiri. Cukup memblender kedelai yang sudah di rendam dan mengambil sarinya lalu dimasak, saya mendapatkan tambahan asam folat dan kalsium

Mari kita lihat kandungan yang terdapat pada susu kedelai:
  • Protein
  • Asam Folat
  • Lemak Nabati
  • Serat. Berguna
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin B2
  • Vitamin E
  • Isoflavon
  • Kalsium

Banyakkan.....! :D

Oh... ya! selama saya hamil ibu saya juga menyarankan saya untuk sering jalan-jalan pagi,dan berenang sebagai bentuk olah raga. Berhubung saya tidak memiliki kolam renang jadi berenangnya di pantai, yang kebetulan sekali rumah saya dekat dengan pantai Sanur. Tidak ada yoga, tidak ada senam hamil semuanya dilakukan secara alami dan yang pasti murah meriah.

Resep Murah Meningkatkan Produksi Asi
Pasca melahirkan tentunya saya berfokus pada buah hati, sebelum ia bisa makan makanan tambahan, ASI adalah makanan pokok buah hati. Kalau urusan ini nenek saya jagonya. Dalam hal ini saya tidak menjelaskan secara medis, apa yang saya tulis disini merupakan pengalaman pribadi saya. Nenek bilang saya harus mengkonsumsi daun katuk, siapa yang tidak tahu manfaat daun katuk. Daun Katuk sejak dulu memang dipercaya untuk meningkatkan produksi ASI. Saya mengonsumsinya dengan membuat sayur bening. Namun jika ibu punya cukup dana dan tidak mau repot, sekarang sudah ada ekstrak daun katuk dalam bentuk tablet. Berdasarkan penelitian daun katuk mengandung efedrin. Selain itu, menurut penelitian, dalam 100 g daun katuk terkandung: energi 59 kal, protein 6,4 g, lemak 1,0 g, hidrat arang 9,9 g, serat 1,5 g, abu 1,7 g, kalsium 233 mg, fosfor 98 mg, besi 3,5 mg, karoten 10020 mcg (vitamin A), B, dan C 164 mg, serta air 81 g. Selain itu juga Kecipir dan daun pepaya. Meskipun ini semua dibilang mitos dan kuno, pada intinya semuanya adalah sayur-sayuran alami yang sangat dibutuhkanoleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Selain itu untuk konsumsi buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan gizi, saya dapat dari pekarangan sendiri seperti pisang, pepaya dan mangga. Jika ibu punya dana lebih bisa menambahkan buah-buah yang lain, dan jangan lupa memeriksakan kandungan serta kesehatan bayi di bidan terdekat. Jadi kesimpulannya untuk sehat tidak harus mahal.




2 comments:

Hairun NisYa said...

Nice artikel sobat, entar kalau aku udah nikah dan udah hamil tak peraktekin dhe....insyaallah..hehee

Jiah Al Jafara said...

hoohoho~

ini nih wanita yg udah berpengalaman :D

Post a Comment