Thursday, January 12, 2012

Merintis Bisnis Online Dengan Blog Gratis

4 comments

Menurut survei sekitar 40 juta penduduk Indonesia menggunakan internet secara rutin, namun masih banyak pengusaha mengandalkan jalur konvensional, meskipun bisnis online di Indonesia cukup menjanjikan. Hal ini disbabkan mayoritas pengusaha Indonesia terlebih pengusaha UKM belum mengetahui tentang manfaat dan keuntungan pemasaran bisnis melalui media online. Bisnis online sebenarnya tidak melulu milik pengusaha tetapi bisa menjadi peluang tersendiri bagi anak muda yang memiliki bakat berwirausaha dan familiar dengan internet.

Semula saya beranggapan bahwa memiliki sebuah bisnis online harus menggunakan domain berbayar seperti .com, .net, .web.id, .co.id, dsb. Ternyata anggapan saya salah, banyak blogger yang memiliki bisnis online menggunakan domain gratis seperti blogspot, multiplay, wordpress bahkan dengan jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Berbekal teman-teman blogger yang merintis bisnis online menggunakan blog gratis, dan banyaknya teman serta keluarga yang hobi menulis, akhirnya saya beranikan diri untuk memulai bisnis online sendiri.


Jujur saya hanyalah netter biasa yang mempunyai hobi menulis, melihat menjamurnya bisnis online di Indonesia serta prospeknya yang lumayan menjajikan, saya mencoba ikut-ikutan. Berhubung modal saya pas-pasan atau bisa dikatakan tanpa modal serta berbekal sedikit pengetahuan saya tentang desain blog, di tahun 2012 ini saya mencoba mendesain online shop saya. Meskipun masih 60% tapi.... ya bisa dilihat sendiri disini untuk hasil desain abal-abal ala saya, maklum.... saya tidak pernah Sekolah Blog secara khusus, alias belajar secara otodidak.

Merintis Bisnis Online Dengan Blog Gratis

Mengingat semakin hari pengguna Internet semakin banyak ini berarti "pasar" di Internet semakin hari semakin tidak terbatas. Akhirnya saya putuskan membuat toko online yang menjual e-book hasil karya teman-teman saya. Bisnis online bagi saya :
  • Tidak membutuhkan modal usaha yang besar, karena disini saya menjual e-book yang penulisnya notabene teman, dan keluarga. Cukup memiliki komputer dan jaringan internet serta motifasi untuk mempromosikan produk e-book saya.
  • Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline, kalau saya punya toko offline ( tidak mungkin karena produknya tidak bisa di pajang di etalase) konsumen yang terjangkau hanya sekitar toko saya saja. Tapi berhubung produk saya adalah e-book jadi target pasar saya adalah mereka pengguna internet aktif maupun pasif. Toh e-book bisa diprint untuk mendapatkan produk secara fisik.
  • Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline, dalam penjualan e-book saya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar ongkos kirim barang, pengiriman "barang" (baca e-book) juga secara online. Setiap bulan saya hanya mengeluarkan Rp.55.000 untuk membayar biaya internet.
  • Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi, karena toko online saya masih dalam proses penyelesaian, jadi keuntungan secara materi belum dapat saya rasakan. tapi saya yakin bahwa kedepan keuntungan keuntungan materi itu akan dapat saya petik hasilnya, selain itu jaringan yang saya miliki juga akan semakin luas.
  • Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas dan fleksibel, toko online selalu buka 24 jam, jadi saya bisa memantau dan melayani konsumen selama 24 jam juga.

Strategi Pemasaran
Berhubung produk saya adalah e-book indi, saya perlu melakukan strategi pemasaran secara tepat agar produk e-book saya bisa dikenal oleh penguna internet. Strategi pemasaran itu sudah ada dalam draft pikiran saya seperti:
  • Blog Walking, karena blog yang saya jadikan toko online merupakan blog baru, saya harus meluangkan waktu untuk blog walking agar blog saya dikenal oleh blogger lain.
  • Follow Blog, sebagai blog baru harus menjadi follower blog lain. Dalam hal ini saya berharap blog yang saya follow akan follow back ke blog saya, sehingga dari situ akan tercipta jaringan dan produk e-book saya bisa mulai dikenal.
  • Mengadakan Giveaway, setelah mendapatkan follower untuk lebih memperkenalkan produk e-book saya, strategi pemasaran selanjutnya adalah mengadakan giveaway untuk para folower blog dengan hadiah beberapa produk e-book.
  • Promosi, menjalankan strategi promosi di internet, dilakukan perpaduan antara promosi berbayar dan promosi gratis. Promosi berbayar dan gratis dilakukan bersamaan. Namun dalam hal ini promosi yang bisa saya lakukan adalah promosi secara gratis yaitu optimasi melalui bookmarks, forum, social network, dsb, atau yang lebih dikenal dengan SEO (meskipun sebenarnya tidak gratis juga sih.....tidak gratisnya adalah waktu dan biaya untuk membayar pulsa internet heheheh).

Bagaimana saya menyikapi pendapat konsumen yang mengatakan tentang toko online yang demikian, "Information About Product Just Texts And Picture"

Saya tidak mau membahas jenis bisnis online yang lain, disini bisnis online yang saya rintis adalah menjual e-book. Dari namanya saja sudah jelas e-book atau elektronik book, bentuk fisiknya tidak ada dan informasi produk memang harus disampaikan melalui gambar dan tulisan. Bila konsumen menginginkan e-book dalam bentuk fisik mereka harus print out teks tersebut.


Saya sadar meskipun banyak persaingan dalam bisnis online di bidang e-book tapi saya yakin dan percaya dengan ketekunan toko online e-book impian saya nanti akan berkembang dan dikenal. Berawal dari domain gratis saya beurasaha toko online e-book saya akan memiliki domain berbayar.

4 comments:

walank ergea said...

e-book nya seputar apa Mbak? semoga berhasil ya. salam sukses!!!

RIZQY NURHAQY said...

Tulisannya MANTAP :D

Makasih banget udah sharing ilmunya..

Chandra said...

good job... artikelnya bagus,,, patut diacungi jempol.. salam kenal aja ya.. jgan lupa berkunjung ke blog aku juga ya.. trims

Papinya Neiska Juga Marshall said...

artikel cocok buat saya neh.....saya juga lagi merintis toko online batik bagoes solo

Post a Comment