Saturday, January 28, 2012

SEO Tidak Susah SEO Semudah Giveaway

4 comments
SEO Tidak Susah SEO Semudah Giveaway - Dari hasil posting Belajar Kelompok SEOnita, mayoritas komentar keyword target terbilang susah, atau temanya terlalu berat. Saya memakluminya mungkin karena mbak sis semua belum terbiasa, bagaimana dengan saya pada waktu saya mulai mengikuti sebuah kontes SEO dan mempelajari SEO, keluhan kita sama. SEO itu susah karena saya belum tahu dan tidak pernah mencoba.


Pertama kali saya mengikuti kontes SEO tahun awal 2010, bukanlah ukuran seorang master. Web saya (endipiran.tobipuken.com) 2 tahun lalu menggunakan template Joomla, Heh.... ternyata tidak mampu bersaing menaklukan search enggine. Tahun 2010 peminat SEO juga belum terlalu banyak hanya orang-orang yang memiliki bisnis online atau seorang internet marketer yang menggunakan SEO.

Karena situs saya kurang bisa bersaing, akhirnya saya beralih menggunakan blog gratisan dengan domain co.cc, dan hasilnya sungguh diluar dugaan. Endipiran.co.cc sebagai blog baru, domain gratisan, newbie dibidang SEO menduduki peringkat I page 1 Google. Tapi posisi tersebut hanya bertahan 50 hari, karena pada waktu itu Google merubah algoritmanya, sehingga domain yang mengandung banyak spam terkena dampak Google Panda atau deindex.

SEO atau optimasi mesin pencari, merupakan hal penting bagi blog dan situs-situs saya. Karena dengan SEO, mesin pencari akan mudah menemukan web atau tulisan mbak sis. Dari satu kontes SEO ke kontes SEO lain, dari lomba blog satu ke lomba blog lain saya berusaha belajar, mencari tahu bagaimana SEO. Gagal....? sering, menang? 5:3.

SEO dianggap susah karena belum tahu, itu saja!. Apakah mbak sis pernah memeriksa Google web masternya, disitu akan terlihat darimana datangnya pengunjung, yang murni dari Google maupun yang datang dari web orang (contoh: follower), kalau belum pernah sekali-kali dibuka atau kalau merasa sulit cek Stats seperti gambar yang ada dibawah. Dengan SEO juga blog dn tulisan mbak sis bisa mudah ditemukan orang/pengguna melalui Google atau Yahoo.



SEO Tidak Susah SEO Semudah Giveaway, giveaway yang biasa mbak sis ikuti adalah bagian dari SEO. Dalam pelaksanaan giveaway yang diadakan teman-teman blogger mewajibkan pesertanya menulis artikel, memasang link dan banner, begitu juga SEO.

SEO juga menulis, menempatkan link, memasang banner, hanya saja dalam pelaksanaan SEO penulisan judul dan isi tulisan tidak sepeti dalam giveaway.

Contoh :
1. Penulisan Judul
  • Judul Artikel Giveaway : LKMD - Langkah Kecil Menjadi Diva "Maya"
  • Judul Artikel SEO : LKMD Langkah Kecil Menjadi Diva Maya

Maksutnya judul artikel tidak boleh mengandung queri atau tanda baca seperti < , > ? . ! @ # ^ & * ( ) dsb

2. Penggunaan kata sambung sebisa mungkin dikurangi, seperti : dan, atau, jika
Contoh :
  • Judul Artikel : Eksistensi Wanita Dalam Menaklukan Search Engine
  • Judul Artikel SEO : Eksistensi Wanita Menaklukan Search Engine

Sengaja saya tidak memakai kata dalam, karena pada pencarian di google jarang digunakan. Kemungkinan keyword pencarian terhadap artikel Eksistensi Wanita Menaklukan Search Engine yang masuk :
  • Eksistensi Wanita
  • Wanita Penakluk
  • Tokoh SEO Wanita
  • Cara Menaklukan Search Engine, dsb (tergantung isi artikel)

3. Dalam artikel harus ada keyword/judul, setidak-tidaknya di alenia pertama dan alenia terakhir.
Kalau mbak sis tidak malas, mulai sekarang kalau posting biasakan memasang URL artikel pada postingan, terutama pada kata yang sama dengan judul. Pasangnya juga jangan banyak-banyak cukup satu atau dua link. Tidak tahu caranya ?
  • Setelah mbak sis selesai menulis artikel pasti Publish Post
  • Kalau artikel sudah terpublish pasti ada URL yang muncul di browser , contohnya artikel ini URL artikelnya http://
  • URL artikel tersebut yang dipasang pada artikel, tentunya mbak sis harus EDIT POST.

Ibu-ibu dan mbak sis secara tidak sadar sebenarnya telah melakukan kegiatan SEO dasar seperti, blog walking, link exchange. Kalau sudah sering melakukan SEO kenapa merasa berat, kenapa harus kesulitan, tinggal mengembangkan. Oleh sebab itulah kenapa Kegiatan Belajar Kelompok SEOnita diadakan.

4 comments:

Ila Rizky Nidiana said...

Masih bingung nulis artikelnya. Oya, mba. Kalo lolos , nanti belajarnya gimana? Via apa ya? ym atau fb atau blog kah?:D

femalebox said...

via blog mbak, ditunggu artikelnya.....

Lentera Langit said...

gk ada yg susah klo mau sabar & tekun belajar.., klo yg sy tahu teknik SEO pling simple adalah rajin2 aja update postingan...., makasih ya ilmux.. :)

femalebox said...

iya betul hanya dengan menulis artikel saja sudah melakukan salah satu langkah SEO

Post a Comment