Monday, January 23, 2012

Sebuah Jawaban Untuk Nurmayanti Zain

10 comments
Sebuah Jawaban Untuk Nurmayanti Zain - Beberapa hari yang lalu saya mengup-date endipiran.tobipuken.com. Saat sepi pengunjung, nyempil satu sosok dengan komentar demikian :



Ya ! komertar itu datang dari mbak Nur, disela-sela kesibukannya masih mau meninggalkan jejak di endipiran.tobipuken.com. Makasih ya.... mbak Nur. Untuk pertanyaan mbak Nur tentang apa itu lomba Semi SEO dijawab disini saja, gak pa-pa kan?

Apa itu Semi SEO....? saya yakin mayoritas pengguna internet sudah tahu tapi diantara yang tahu apa itu Semi SEO atau SEO pasti ada yang belum tahu. Di tahun baru kali ini saya memberikan hadiah kepada sahabat blogger berupa angpao yang berisi penjelasan apa itu Semi SEO dan SEO.

SEO (Search Engine Optimization)
Di tahun 2011 hampir setiap bulannya ada kontes SEO, bahkan sampai 3 kontes SEO baru ada setiap bulan. Kontes SEO memang sedang diminati saat ini (termasuk saya), selain hadiahnya yang menggiurkan, persaingannya juga menegangkan, atau lebih tepatnya S-E-R-U.

Wikipedia mengatakan, SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.


Namun kata saya, SEO merupakan teknik optimasi blog untuk meningkatkat traffic visitor/meningkatkan kepopuleran blog dimata mesin pencari. Kira-kira mbak Nur kepingin gak jika blognya masuk page 1 Google jika di search dengan keyword tertentu ?

Saya menganggap SEO itu penting gak penting. Ya.... tidak penting jika content blog tidak fokus. Misalnya :
Web A contentnya komputer atau teknologi dan fokus, dalam hal ini SEO diperlukan, gunanya menempatkan sebuah situs web A pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Contohnya artikel Cara Ampuh Agar Blog Tampil Di Halaman Depan Google yang saya posting di endipiran.tobipuken.com berada di page 1 Google dan menempati urutan teratas jika di cari dengan keyword cara ampuh blog ada di page 1 google, meskipun banyak artikel dengan title sejenis atau mirip.

Logikanya jika kita sedang googling ria web yang kita kunjungi untuk mencari sebuah referensi adalah web yang berada di page 1 google *cepatlah mengaku teman-teman* xixixi


Kenapa bisa demikian ? Title content sangat dicari oleh penggemar SEO, jadi saya sengaja membuat title begitu. Setelah artikel terpublish yang saya lakukan adalah sedikit optimasi pada social bookmark. Untuk selengkapnya bisa baca tipsnya disini.

Berbeda dengan blog saya yang ini (femalebox), contenya gado-gado. Uji coba yang saya lakukan :
Searching di google dengan keyword Diet Rendah Purin, haha hasilnya tidak seperti yang diatas, femalebox-tobipuken.blogspot.com dengan content tersebut berada di page 3 nomor 1 (lumayan.... tanpa optimasi masih bisa masuk 10 besar di search engine).



Jadi jika mendengar atau membaca pengumuman Kontes SEO, penilaianya murni dari search engine, biasanya google dan yahoo dengan metode score tanpa mempedulikan kulitas artikel. Di google paling atas atau di yahoo paling atas itu yang menang. Kalau mau ikutan kontes SEO harus pandai-pandai menempatkan keyword target pada content.

Sekarang menjawab pertanyaan mbak Nur tentang apa itu Semi Kontes SEO, kalau namanya semi berarti gabungan yaitu gabungan antara search enggine dan kemampuan kita dalam menulis artikel (kualitas content).

Penilaian dalam lomba Semi SEO dilakukan dua kali, pertama penilaian dari search enggine, kedua kulitas artikel. Biasanya dalam hal ini diambil web/blog yang berada di page 1 dan page 2 search engine. Kalau menurut saya pribadi kontes semi SEO cenderung lebih susah, selain harus mempertahankan posisi SERP (Search Engine Result Page) di posisi 20 besar, saya harus membuat artikel yang benar-benar berkualitas.

Contoh : searching dengan keyword Pengobatan Langit dengan browser Mozilla Firefox dan Internet Explorer setelah saya melakukan clear cookies ini hasilnya

Searching Via Mozilla Firefox

Searching via Internet Explorer




10 comments:

Nurmayanti Zain said...

wahh penjelasannya keren sekali mbak magda :)
aku jadi terpancing buat mau ikut SEO-SEOan ria~
tapi harus belajar dulu..
minta resepnya dong mbak =) hihihihi

femalebox said...

fufufufu hati-hati lo kalo sudah sekali ikut kontes SEO ntar ketagihan

jiah al jafara said...

pernah ikutan, tapi ngga ngerti tuh semi SEO itu apa hehehe~
sekarang masih blajar :-D

Uswah said...

aku malah ga tau sama sekali.. pokoknya bikin blog, buang sampah, berbagi, bersaudara, uda deh... seo uda baca 2x blog ini tetep aja ga mudheng.. heheheeheeee #payyah

femalebox said...

@all entar deh kalau ada waktu saya posting bagaimana cara ikut kontes SEO untuk pemula eh bukan untuk kita SEO untuk Ibu Rumah Tangga

Nurmayanti Zain said...

ditunggu yaaa mbak magdaa :)
pengen ngubek2 SEO =P rasanya~

femalebox said...

@Nurmayayanti Zain, ntar kita belajar kelompok bareng-bareng aja mbak.... Belajar Kelompok Di Udara

Lentera Langit said...

thx ya infox.., jurus ampuh tuh SEO yg aq tau hny satu., yaitu rajin2 update postingan..., jurus2 lainx aq gk tau.., kasihan kan aq heheh... ;)

Irda said...

Saya sudah pernah ikutan kompetisi SEO mb, tapi ga menang, hehehe... :p
Setahu saya, SEO adalah tindakan memanipulasi script HTML/XML yang ada di blog kita kan mb? Saya pernah melakukannya, dulu, sebelum saya mengganti template blog. Setelah mengganti template, saya koq malah bingung ya mb, dimana saya bisa melakukan tindakan SEO itu lagi, hehehe...
Mb, kalau kontes SOE untuk pemula itu jadi dilaksanakan, saya mau ikutan daftar jadi pesertanya donk :)
Ditunggu kabarnya ya... :)

femalebox said...

tetep terlaksana, kenapa pengumuman dipasang lebih awal itu merupakan salah satu teknik SEO juga hehehehehe.....

Post a Comment