Friday, March 25, 2011

Mengenali Figur Psikopat

0 comments
Ancaman psikopat menimbulkan kepanikan lebih besar daripada teror bom, apa benar mereka berbahaya? femalebox meluruskan fenomena ini. Dalam bayangan kita, seorang psikopat adalah seorang pembunuuh yang terganggu mentalnya.Bukan hanya kaum pria saja yang dapat menjadi psikopat, tak menutup kemungkinan kaum wanita juga.


Banyak penelitian yang menunjukan bahwa kaum psikopat sering kali orangyang sehari-harinya nampak seperti kaum normal pada umumnya. Femalebox mencoba menelusuri keberadaan sang psikopat di dunia kerja dan bagaimana menghadapi mereka.

Jangan Menghakimi
Kepribadian psikopatik ( istilah lainnya adalah antisosial atau disosial ) tidak harus selalu berarti tidak waras. Seorang psikopat punya ciri kepribadian tersendiri. "Ada beragam check list beredar saat ini, yang dianggap sebagai filter penyaring untuk menemukan orang bergangguan psikopatik. Tapi sebenarnya kita tidak boleh gegabah menggunakan daftar kriteria tersebut sebagai patokan utama. Pasalnya, check list itu sebenarnya adalah alat yang digunakan pada beberapa kelompok tertentu yang memang dicurigai memiliki resiko tinggi untuk mengidap perilaku psikopatik, seperti misalnya kelompok pelaku kriminal di penjara atau kelompok pengguna narkoba, yang memang memang kaum berkecenderungan tinggi terhadap kepribadian antisosial. Tetapi check list yang sama tidak bisa diterapkan begitu saja kepada orang normal.

Seorang psikopat atau antisosial sebenarnya punya tiga karateristikutama.
  1. Mereka cenderung melanggar norma sosial
  2. Mereka sulit membina relasi yang stabil. Bisa jadi suatu saat ia sangat dekat dengan seseorang, namun di kesempatan lain ia menjahui orang itu.
  3. Tidak mempunyai tanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan juga orang lain.

Memang ada beberapa orang yang punya kecenderungan suka membangkang dan juga melawan. Tetapi, bukan berartibisa dikategorikan antisosial. Bisa dilihat sejauh mana seseorang mengidap gangguan ini dari kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Bisa saja orang yang tergolong psikopatik, suka melanggar norma dan kemampuan relasinya labil, tapi masih bisa beradaptasi dengan lingkungan, masih bisa berkerja dengan baik dikantor serta sukses berumah tangga. Jika begini kita belum bisa menyebutnya sebagai psikopat. Biasanya, sesorang berkepribadian psikopatik akan dapat masalah ketika ia tak bisa beradaptasi dengan orang lain. Lalu, ia akan merasa ditolak olaeh orang sekitar, keluarga berantaka, dan akibatnya ia jatuh depresi. Tak jarang, banyak dari mereka mencoba bunuh diri. Disaat ini bila akhirnya ia datang ke psikiater, tujuannya adalah untuk mengatasi depresinya. Jadi bukan mengatasi kebribadian anti sosialnya. Sebab ciri ini telah menjadi bagian dirinya. seorang psikopat tak pernah merasa dirinya psikopat. Ia malah melempar semua kesalahan kepada orang lain. Karena itu juga, banyak orang antisosial bisa melakukan sesuatu yang tanpa nurani, karena ia sendiri tidak merasa ia bersalah.

Akibat Pola Asuh
Psikopat juga bisa dikenali lewat tindakannya yang mengandung kekerasan fisik dan emosional. Tak jarang mereka berbuat sadis, terlibat dalam kriminalitasdan juga narkoba. Pola asuh yang diwarnai dengan kekerasan bisa membuat oranng menjadi psikopat. Begitu pula dengan sikap orangtua yang tak konsisten dan ambigu, sehingga anakpun mengalami kebingungan dalam perkembangannya.Kepribadian antisosial merupakan satu jenis kepribadian yang paling sulit untuk diterapi dan sulit juga disembuhkan. Sebab saat terapi mereka cenderung manipulatif, selain mereka juga sangat rentan terhadap gangguan jiwa lainnya. Bila gangguan jiwa lainnya telah berhasil dipulihkan dan gangguan antisosial akan diterapimereka telah cenderung resisten.

Lalu apa yang harus kita lakukan bila harus berurusan dengan seorang psikopat baik dikantor maupun dilingkungan pergaulan? Langgkah pertama yang harus dilakukan, Anda terlebih dahulu perlu berpikir, bahwa orang tak akan dirugikan orang lain bila dia juga bisa menentukan sikap. Orang antisosial tidak merugikan semua orang. Ia hanya merugikan orang-orang yang tak punya pendirian. Sikap tegas akan menjadi taneng ampuh saat kita melihat kecenderungan bahwa rekan kerja Anda punya kepribadian antisosial. Bila kerugian bersifat kriminal ada hukum yang bisa menyelesaikan. Intinya tubjukan kalau anda bukan orang yang berkarakter lemah, sambil berhati-hati akan berbagai hal yang kemungkinan bisa dimanipulasi oleh mereka.

Bagaimana ciri orang psikopat :
Menebarkan sikap hangat yang cenderung dibuat-buat
Selalu berpusat pada diri sendiri dan menganggap dirinya paling penting
Sering memanipulasi dan tak segan berbohong pada orang lain.
Tidak memiliki rasa empati terhadap apa yang dialami oleh orang lain.
Tidak bisa mengendalikan diri.
Memiliki sifat implusif
Tak memiliki tanggung jawab atas tindakan yang dilakukan.
Hubungan sosial atau asmara cenderung singkat.

0 comments:

Post a Comment